Sabtu, 24 Februari 2018

BERSYUKUR

Assalamu'alaikum sahabatku.
Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan kata bersyukur bukan. Sebuah kata yang indah, sederhana tapi sulit untuk kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari. 
 
BERSYUKUR adalah sebuah perbuatan dimana kita berterima kasih atas segala nikmat yang telah Allah berikan kepada kita, dan dapat juga sebagai tanda kita menghargai dan menghormati Kebesaran Allah. 
Maka selalu bersyukur jika kita diberi suatu nikmat oleh Allah SWT, dan jangan pernah memandang nikmat itu banyak atau sedikit. Karena orang yang selalu bersyukur niscaya Allah SWT akan menambah kenikmatan tersebut. 
 
Sebagaiman firman Allah dalam QS. Ibrahim ayat 7 yang artinya :
"Barang siapa yang bersyukur atas nikmat-Ku kata Allah, niscaya aku akan menambah nikmat itu. Akan tetapi barang siapa yang kufur atas nikmat-Ku kata Allah, maka azab-Ku sangatlah pedih." 
 
Tapi pada kenyatannya, kita memang sulit untuk bersyukur. Tapi di bawah ini hal-hal agar kita mudah bersyukur :
 
1. Melihat ke bawah untuk urusan duniawi
Dengan melihat ke bawah, kita akan mengetahui bahwa kita jauh lebih beruntung dan jauh lebih kaya dibandingkan jutaan manusia di muka bumi ini.
Banyak saudara kita yang tidak dapat makan, tidak memiliki tempat tinggal, menderita penyakit parah, hidup di daerah konflik, atau mengalami musibah bencana alam. Dibandingkan dengan mereka, bukankah apa yang ada pada diri kita jauh lebih baik? Jadi, tidak ada alasan bagi kita untuk tidak bersyukur bukan?
2. Selalu mengingat nikmat yang kita terima dari Allah 
Kita tidak mungkin dapat menghitung nikmat yang kita terima dari Allah SWT saking banyaknya nikmat tersebut. Namun, selalu mengingat sebagian nikmat tersebut akan membawa kita pada rasa syukur.
3. Selalu mengucapkan Alhamdulillah
Ucapan alhamdulilllah yang kita ucapkan setiap kali mendapatkan karunia dari Allah akan mengingatkan kita betapa Allah adalah Maha Pengasih dan Penyayang, yang selalu memberikan yang terbaik bagi manusia. Ucapan ini akan mengingatkan kita agar tidak lupa bersyukur.
4. Membiasakan diri untuk mengucapkan terima kasih
Ucapan terima kasih yang kita ucapkan setiap kali menerima kebaikan dari orang akan membiasakan kita untuk senantiasa bersyukur atas hal baik yang kita terima.
5. Berhenti mengeluh
Ketika menghadapi kenyataan yang tidak sesuai harapan, kita kerap kali tergoda untuk mengeluh. Mulailah mengubah kebiasaan ini. Lebih baik berhenti mengeluh dan segera produktif berkarya sehingga hasil yang baik akan kita dapat dan kita pun akan lebih mudah bagi kita untuk bersyukur.
 
Semoga kita senantiasa dapat selalu bersyukur kepada Allah atas segala nikmat-Nya dalam kondisi apapun, kapanpun dan dimanapun. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar