Sabtu, 24 Februari 2018

SEDERHANALAH DALAM BERHIJAB

Berhijab adalah suatu kewajiban bagi setiap wanita yang mengaku dirinya muslim. Perintah berhijab terdapat dalam QS. Al-A’raf: 26, yang artinya : “Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk indah untuk perhiasan. Dan pakaian taqwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat.”
Adapun dalam QS. Al-Ahzab: 59, yang artinya : “Wahai Nabi, katakanlah kepada istri-istri, anak-anak perempuan dan istri-istri orang Mukmin, ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu supaya mereka mudah dikenali, oleh sebab itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha pengampun lagi Maha Penyayang.”
Masih banyak lagi ayat-ayat Allah yang menerangkan tentang kewajiban berhijab, dua ayat di atas hanya sebagai contoh dari sekian banyaknya ayat dalam al qur'an. Jadi sudah tidak perlu lagi kalian ragu untuk mengenakan hijab, karena berhijab memang sudah ada perintahnya dari dulu.
Pada dasarnya, hijab bertujuan untuk menutup aurat dan menghindari dari perhatian. Namun sekarang banyak yang mengenakan hijab syar'i tapi justru menarik perhatian orang banyak. Apalagi dijaman sekarang godaan syaitan begitu kuat, jika syaitan tidak mampu membuat para wanita melepas hijabnya, maka syaitan akan berusaha membuat para wanita menyalahgunakan kata syar'i. Para wanita mengenakan hijab besar namun diiringi dengan pemakain hiasan-hiasan yang dapat menarik perhatian orang lain. Bahkan tidak banyak diantara mereka yang menumpuk-numpuk hijab hingga berlebihan. Padahal sejatinya Allah tidak menyukai sesuatu yang berlebihan.
Dan dijaman modern seperti sekarang ini, para wanita pun berlomba-lomba untuk mengoleksi hijab sebanyak mungkin yang harganya mahal tanpa sadar mereka telah melakukan pemborosan.
Seharusnya, semakin tinggi ilmu agama dan semakin dewasanya seorang wanita dapat menjadikan dirinya semakin sederhana dalam berpenampilan khususnya berhijab. Karena sejatinya ilmu agama akan membuat seseorang menjadi qonaah dan zuhud terhadap dunia. Dan seorang wanita pun akan sadar apa sebenarnya fungsi hijab bagi dirinya. Maka sedehanakanlah dalam mengenakan hijab dan jangan pernah bosan untuk terus memperbanyak belajar ilmu agam, karena Allah  tidak akan melihat seberapa indah hijab kalian melainkan Allah melihat seberapa besar ketaqwaan kalian pada Allah .

semoga bermanfaat 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar