Sabtu, 24 Februari 2018

CARA AGAR ISTIQOMAH DALAM BERHIJRAH

Setiap manusia pasti ingin menjadi pribadi yang lebih baik dari waktu ke waktu. Tapi di jaman sekarang, godaan syaitan begitu besar untuk menjerumuskan manusia ke dalam kemaksiatan dan menjadikan dirinya justru lebih buruk dari sebelumnya. Tapi tidak jarang juga banyak manusia yang berhasil lolos dari godaan syaitan yang tiada hentinya menggoda manusia. Dan setiap manusia pasti menginginkan perubahan dan istiqomah berhijrah di jalan Allah . Karena sejatinya Allah tidak akan merubah keadaan suatu kaum sebelum mereka merubahnya sendiri.
Berikut adalah cara agar kita tetap istiqomah dalam berhijrah :



1. Meluruskan niat
Sebelum seseorang melaksanakan ibadah ia tentunya harus berniat dalam hati. Dengan memiliki niat yang lurus dan hanya mengharapkan ridha Allah SWT maka seseorang akan lebih mudah menjalankan ibadahnya dan tidak mudah tergoda pada hal-hal yang bisa menghalangi ibadahnya. semakin kuat niat seseorang maka semakin kuat pula tujuan yang dia harapkan akan tercapai. Niat juga merupakan penentu suatu ibadah dan ia mendapatkan pahala atau ganjaran sesuai dengan niat ibadah dalam hatinya. Sebagaimana disebutkan dalam hadits berikut ini.

Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya setiap amalan hanyalah tergantung dengan niat-niatnya dan setiap orang hanya akan mendapatkan apa yang dia niatkan, maka barangsiapa yang hijrahnya kepada Allah dan RasulNya maka hijrahnya kepada Allah dan RasulNya dan barangsiapa yang hijrahnya karena dunia yang hendak dia raih atau karena wanita yang hendak dia nikahi maka hijrahnya kepada apa yang dia hijrah kepadanya”. (HSR. Bukhary-Muslim dari ‘Umar bin Khoththob radhiallahu ‘anhu)



2. Memperbanyak Membaca Alqur’an dan dzikir
Membaca Alqur’an setiap hari secara rutin adalah salah satu cara untuk mendekatkan diri pada Allah SWT dan dengan berzikir hati manusia akan senantiasa tentram, iblis laknatillah pun yang senantiasa mengaggu  manusia berhijrah akan menjauh saat manusia membaca Al-Qur’an.


3. Bergaul dengan orang-orang shaleh
Hubungan manusia tidak terlepas dengan manusia lainnya dan perilaku seorang manusia juga biasanya dipengaruhi oleh orang-orang disekitarnya. Memilih sahabat yang Sholeh dan Sholeha sangat penting saat seseorang sedang berhijrah, karna mereka yang akan menuntun dan menjukkan jalan yang baik saat berhijrah.

Demikianlah cara agar kita dapat istiqomah dalam berhijrah. Semoga Allah senantiasa memudahkan dan melancarkan niat baik kita. Aamiin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar